Jumat, 20 Juli 2012

Bustomi Main di Liga Jepang?


Belakangan ini ramai diperbincangkan transfer Ahmad Bustomi ke klub J-League, Omiya Ardija. Rumor ini mulai muncul seminggu lalu di jejaring sosial twitter oleh @Gab_Omar. Itu merupakan akun karakter utama dalam novel Menerjang Batas sekaligus pemeran utama dalam film Hari Ini Pasti Menang. Jadi, awalnya banyak yang menduga ini hanya bualan belaka.

Ternyata isu ini justru semakin menguat. Mendekati nyata. Akun unofficial Omiya Ardija @GoGoOmiyaArdija pun menshare tweet kalau pemain Indonesia bernama Ahmad Bustomi mungkin akan bermain bagi klub kesayangan mereka. Tweet mereka di RT oleh @HiroEric, yang merupakan akun dari Eric Noveanto, jurnalis Goal.Com Asia Tenggara. Ian Griffith, jurnalis ESPN/Star Sports Asia pun menulis tweet di akun @iangriffiths67 bahwa dia mendengar kemungkinan bermainnya Bustomi di Omiya Ardija.
Rumor ini coba dikonfirmasi oleh media Tribun Jakarta yang menghubungi pihak Omiya Ardija. "Mungkin saja beberapa talent scouting kami di kawasan Asia Tenggara mendapatkan informasi tersebut dan mulai mengadakan pendekatan. Jika itu terjadi, tentu saja pesepakbola itu (Bustomi) memiliki kemampuan lebih, apalagi posisinya sebagai gelandang bertahan," ujar Kubota, Staf Manajemen Omiya Ardija, kepada Tribun Jakarta.

Kubota tak menampik jika klub yang berdiri pada tahun 1999 ini mendapat informasi beberapa pemain asal Indonesia. Sumbernya berasal dari para pelatih yang ikut serta dalam rombongan timnas Jepang U-22, yang baru saja mengikuti babak kualifikasi Piala Asia U-22, di Pekanbaru, Riau. Selain itu, beberapa sumber mengungkapkan, nama Kenji Adichihara berada di belakang munculnya nama Ahmad Bustomi di Omiya Ardija.
Namun, terlepas dari itu semua, Ahmad Bustomi memang memiliki kualitas yang memadai untuk bermain di luar negeri. Pasalnya, Bustomi adalah bibit handal tanah air, menjadi andalan, baik di level klub maupun tim nasional.

Namanya mulai berkibar ketika berhasil membawa Arema Indonesia meraih gelar juara Liga Super Indonesia 2009/2010. Musim berikutnya, Arema Indonesia finis sebagai runner-up ISL dan Piala Indonesia.


Jika benar nantinya Bustomi bermain di liga Jepang, dia akan mengikuti jejak maestro sepak bola Indonesia dekade 1980an, Ricky Yakobi. Tahun 1988, Ricky Yakobi ditransfer klub Jepang, Matsushita, dari Arseto Solo. Meskipun rekor penampilan bung Ricky Yakobi terbilang buruk karena kesulitan beradaptasi, dialah yang membuka pintu ekspor pemain Indonesia ke luar negeri.

Biodata Bustomi
Nama lengkap: Ahmad Bustomi
Nama Panggilan: Tomi, Cimot
Tempat / tangal lahir: Jombang 13 Juli 1985
Orang tua: Jumari (ayah) /Sumiati (ibu)
Status: Menikah
Istri: Fina Dian Sari
Posisi: Gelandang / Deep Playmaker
twitter: @Bustomi_19

Karir Klub :

Persikoba Batu (2004)
Persema Malang (2005-2008)
Arema Malang (2008-2011)                                                                                                                    Mitra Kukar (2011-…)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar