Kamis, 21 Juni 2012

Akankah Yunani Membuat Kejutan Lagi? Preview Perempat Final Euro 2012 antara Jerman versus Yunani


Yunani pernah mengguncang Eropa pada tahun 2004 dengan memenangi Euro Cup. Tanpa pemain bintang mereka memencundangi negara-negara yang jauh lebih diunggulkan seperti Portugal dan Ceko kala itu. Saat itu mereka juga menjadi tim underdog atau kuda hitam. Akankah kejadian saat itu berulang sekarang?

Tentunya itu bukan sebuah pekerjaan mudah bagi mereka. Kali ini mereka menghadapi tim bertabur bintang, sarat pengalaman, punya mental dan tradisi juara. Kita akan menyaksikan pertarungan kontras antara gaya ofensif dan gaya defensif. Jerman bisa saja kalah jika mereka tidak sabar membongkar pertahanan Yunani dan merasa frustrasi. Namun kita juga tahu kalau Jerman memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Menurut prediksi saya, lapangan tengah akan dikuasai Ozil dkk. Apalagi Yunani harus kehilangan gelandang berpengalaman, Katsouranis, karena akumulasi kartu. Sekalipun demikian tim Jerman tidak boleh merasa jumawa dan meremehkan Yunani, karena itu bisa menjadi bumerang buat mereka.

Di lain pihak, Yunani akan memanfaatkan informasi dari para pemain mereka yang bermain di Bundesliga, Papastathopoulus (Werder Bremen) and Fortounis (Kaiserlautern). Faktor pendorong lain bagi Yunani adalah kondisi negara mereka yang sedang krisis. Piala Euro akan menjadi hiburan tersendiri bagi rakyat Yunani. Sementara itu, Jerman akan mendapat suntikan semangat dari kanselir Angela Merkl yang akan menonton pertandingan. Mereka juga akan mendapat supporter tambahan dari Polandia karena Podolski dan Klose berdarah.

Saya sendiri tetap menfavoritkan Jerman. Tetapi apa pun bisa terjadi dalam sepakbola. Kita saksikan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar