Kamis, 07 Juni 2012

Pertandingan Pembuka: Awal Kebangkitan Polandia.

Polandia akan bertemu Yunani di pertandingan pembukaan Euro 2012. Pertandingan ini bisa jadi merupakan momentum kebangkitan sepakbola Polandia.

Sebagai tuan rumah Euro 2012, bersama dengan Ukraina, Polandia tidak perlu melewati babak kualifikasi. Bisa jadi ini menjadi kekurangan tersendiri karena kurang terasahnya tim. Rekor Polandia di berbagai kejuaraan memang tidak terlalu menonjol. Mereka finish ketiga di kedua tahun 1978 dan 1982 Piala Dunia, mencetak kemenangan atas Brasil ('78) dan Perancis ('82) untuk mengamankan posisi itu. Mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2010 dan keluar pada putaran pertama di Jerman pada 2006 dan Jepang dan Korea Selatan, yang menjadi tuan rumah bersama. Pada edisi putaran final Euro 2008, Polandia hanya sampai di fase grup. Di sana mereka gagal memenangkan pertandingan saat mereka tersingkir di babak penyisihan grup kompetisi.


 Meski belum ada pemain semenonjol Smolarek atau Boniek, kini Polandia punya pemain andalan semacam penjaga gawang Wojciech Szczesny (Arsenal) dan striker Robert Lewandowski (Borussia Dortmund).

Ini dia skuad lengkap Polandia di Euro 2012: 
Penjaga Gawang: Grzegorz Sandomierski (Jagiellonia Bialystok), Wojciech Szczesny (Arsenal), Przemyslaw Tyton (PSV Eindhoven).
Pemain Belakang: Sebastian Boenisch (Werder Breman), Marcin Kaminski (Lech Poznan), Damien Perquis (Sochaux), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Marcin Wasilewski (Anderlecht), Jakub Wawrzyniak (Legia Warsaw), Grzegorz Wojtkowiak (Lech Poznan).
Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Borussia Dortmund), Dariusz Dudka (Auxerre), Kamil Grosicki (Sivasspor), Adam Matuszczyk (Fortuna Dusseldorf), Adrian Mierzejewski (Trabzonspor), Rafal Murawski (Lech Poznan), Ludovic Obraniak (Bordeaux), Eugen Polanski (FSV Mainz), Maciej Rybus (Terek Grozny), Rafal Wolski (Legia Warsaw).
Penyerang: Pawel Brozek (Celtic), Robert Lewandowski (Borussia Dortmund), Artur Sobiech (Hannover 96).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar